Belajar online di rumah, efektifkah?

Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak covid 19. Sekolah-sekolah yang biasanya melakukan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah, mau tak mau harus beralih untuk melakukan kegiatan belajar mengajarnya di rumah (secara online). Lantas, efektifkah? Kita harus mengetahui kekurangan dan kelebihan belajar di rumah untuk memahami apakah hal tersebut efektif atau tidak.

Berikut kekurangan dan kelebihan belajar di rumah.

Kekurangan

1. Kendala kepemilikan HP dan kuota

Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang berpikir bahwa semua orang (peserta didik) memiliki HP. Kenyataannya? Di perkampungan, untuk orang-orang tertentu HP merupakan barang mewah jadi tidak semua orang memilikinya karena harganya yang lumayan mahal bagi mereka. Ada pula yang memiliki HP namun terkendala oleh kuota. Karena belajarnya dari rumah, para peserta didik harus selalu memiliki kuota internet yang cukup untuk mereka belajar. 

2. Sulit mengukur kemampuan peserta didik secara objektif

Belajar online di rumah, membuat guru kesulitan untuk memastikan secara akurat apakah peserta didik telah memahami materi yang sedang dipelajari atau belum. Selain itu,guru juga akan sulit untuk memastikan apakah tugas yang dikumpulkan peserta didik benar-benar dikerjakan sendirian atau tidak. 

3.Peserta didik lebih mudah paham penjelasan guru secara langsung dibanding secara daring (online).

Sebenarnya, point no.  3  tidak berlaku untuk semua peserta didik, tergantung masing-masing individu. Akan tetapi, banyak peserta didik yang lebih cepat paham akan suatu materi atau penjelasan dari guru secara langsung dibanding secara onl

4. Memberikan celah bagi peserta didik yang malas untuk tidak mengikuti kelas/kegiatan belajar mengajar dengan alasan tidak memiliki HP atau kuota.

Peserta didik yang malas akan mengatakan bahwa ia tidak memiliki HP atau kuota sehingga tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar dan meminta gurunya untuk memakluminya. 

5. Sulit mendisiplinkan peserta didik

Belajar secara online, sulit untuk mendisiplinkan peserta didik. Misalnya, pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, ada peserta didik yang terlambat untuk bergabung dengan alasan baru punya kuota atau baru mendapat pinjaman HP. Pada saat mengumpulkan tugas, bisa saja peserta didik terlambat mengumpulkan tugas dengan mengemukakan alasaan yang sama. 

Kelebihan 

Berikut beberapa kelebihan belajar online di rumah.

1.Lebih praktis 

Dengan belajar online, kegiatan belajar mengajar akan lebih praktis. Baik guru maupun peserta didik tidak perlu datang ke sekolah, cukup tetap berada di rumah. Selain itu, materi dari guru dengan mudah dapat disimpan oleh peserta didik tanpa harus menulis seperti pada saat belajar di sekolah.

2. Bahan ajar lebih bervariasi

Bahan ajar yang disajikan oleh guru akan lebih bervariasi seperti rekaman  suara, video, dll.

Itulah kekurangan dan kelebihan belajar online di rumah. Semoga bisa memberikan jawaban tentang efektif atau tidaknya belajar online di rumah.

Suka Dengan Artikel Ini, Bagikan !
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •